Kerennya Seorang Blogger

Bismillah, hari ini saya tampak semangat sekali. Tiba-tiba muncul motivasi tinggi untuk mulai membuat blog lagi. Dan memang blog ini bukanlah blog yang pertama kali saya buat. Sudah ada beberapa blog yang berhasil saya buat dan sampai sekarang pun masih saya kelola. Namun hanya satu saja blog yang ingin saya jadikan sebagai wadah curhat tentang "Saya seorang blogger". Dan blog inilah yang nantinya memuat semua kisah dari awal saya membuat dan mengelola blog hingga kemudian benar-benar telah menjadi seorang blogger seperti sekarang ini.

Tidak banyak yang ingin saya perbincangkan, hanya tekanan bahwa memang menjadi seorang blogger itu sangat menyenangkan. Ketika pertama kali membuat alamat email (dari gmail) hingga kemudian berhasil membuat sebuah blog, perasaan yang muncul sangat luar biasa. Ya, aku benar-benar telah bisa membuat situs sendiri, meski hanya sebuah blog. Tidak mengapa, toh blog juga termasuk salah satu situs yang tampil di internet, dan bisa diakses oleh semua orang di dunia maya.

Hadirnya blog pertama seakan menampilkan sesuatu yang berbeda dalam diri saya. Apalagi artikel yang saya tulis ternyata ada juga yang mau membacanya. Perasaan heran muncul ketika ternyata hari demi hari, dan beberapa bulan berjalan, pengunjung blog saya sudah stabil. Ini artinya blog saya ada yang rutin membacanya tiap kali saya update postingan.

Tidak itu saja, beberapa rekan sesama blogger bahkan memberikan sanjungan yang menambah semangat lagi dalam mengelola blog. Ada beberapa advertise atau perusahaan pengiklan lokal beberapa kali menghubungi untuk bisa menampilkan iklannya di blog saya. Wah, ternyata ada peluang penghasilan di sana. Meski akhirnya mereka saya tolak oleh karena konten iklan yang tidak sesuai dengan target blog saya.

Setiap hari minimal membuat dua artikel baru untuk update postingan. Hasilnya memang sungguh manjur untuk mendongkrak posisi alexa rank. Hanya berjalan beberapa bulan saja, Alexa rank blog pertama saya sudah menyentuh angka kurang dari 400 ribuan untuk alexa global. Dan 4 ribuan untuk alexa lokal. Prestasi yang menurut saya sudah sangat baik.

Beberapa rekan sesama blogger kemudian menyarankan agar blog saya didaftarkan ke google adsense. Agar ada penghasilan yang didapatkan dari sana. Saya pun menyanggupinya, karena memang tombol eranings adsense sudah nampak. Saya daftar, dan alhamdulillah diterima. Beberapa bulan berjalan, penghasilan adsense dari iklan yang saya pasang di blog ternyata tidak sesuai yang saya harapkan. Meski pageview perhari sudah ribuan, namun yang klik iklan hampir tidak ada. Alhasil, tidak pernah bisa earning sekalipun.

Justru kehadiran iklan adsense di dalam blog saya menurunkan pageviews. Rasio bounce rate juga menjadi tinggi. Lalu saya selidiki apa penyebabnya, ternyata keberadaan iklan yang tidak relevan bisa menurunkan 'semangat' mesin google untuk merayapi blog. Akhirnya, iklan dari adsense saya lepas. Dan tetap membiarkan blog kosong dari iklan dan full berisi konten saja. Dan syukurlah, hanya sebulan berjalan, pageview kembali normal dan bahkan cenderung naik.

Satu tahun berjalan mengelola satu blog dengan full optimasi sana sini, tanpa ada pemasukan apapun dari blog. Kemudian berpikir, kenapa tidak membuat blog lagi yang difokuskan untuk menggali penghasilan dari blog. Lalu hadirlah blog kedua, ketiga dan seterusnya dengan niche yang berbeda-beda. Dan alhamdulillah, penghasilan mulai tampak dan sedikit membuat mulut bergeser, hidung membesar dan mata terbelalak akan hasil yang didapatkan dari blog-blog tersebut.

Seni dalam mengela blog, menurut saya adalah keindahan yang sangat berharga. Mengapa? Karena ternyata blogging itu tanpa batas waktu. Tidak terbatas sampai usia berapa harus berhenti ngeblog. Selain itu, menjadi seorang blogger tidak wajib memiliki ijazah, seperti layaknya pekerjaan lainnya. Padahal penghasilan blogger, ada yang lebih tinggi dari pegawai kantoran.

Blogging juga tidak terikat waktu. Harus mulai jam sekian dan selesai jam sekian. Tidak. Pengaturan jadwalnya, bisa diutak-atik sendiri, tanpa ada yang dapat menghalanginya. Dan saat membuat artikel, tidak ada yang mengekang. Harus ini dan itu. Apa saja yang tertulis, semua bisa dipublikasikan tanpa ada yang menghalangi.

Dan terakhir yang membuat blogger itu keren adalah, bisa menularkan ilmu tanpa harus tatap muka. Tujuan yang sangat mulia. Sepenuhnya menjadi guru tanpa pernah mendapatkan imbalan apapun. Memberikan ilmu tanpa menaruh imbalan sepersen pun dari para pembacanya. Menurut saya ini adalah profesi yang sangat keren. Memberi tanpa harus menerima. Berharap dapat memberikan manfaat bagi orang lain atas ilmu dan informasi yang ia berikan.

Ucapan terima kasih dalam kolom komentar, sudah lebih dari cukup untuk mengungkapkan kebahagiaan seorang blogger atas artikel yang ia buat. Ya, blogger memang keren.
Salam..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kerennya Seorang Blogger"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan relevan.