Blogger vs Wordpress, Mana Platform Terbaik untuk Membuat Blog ?

Membuat blog sangat berkaitan erat dengan platform yang akan digunakan. Tergantung admin dalam memilihnya. Dan dalam dunia blogging, banyak terdapat platform pembuatan blog. Baik yang berbayar maupun yang gratis.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengulas tentang 2 platform yang sangat populer dalam dunia perbloggingan. Dua platform yang hampir dipakai oleh seluruh blogger seantero dunia. Dengan tanpa mengesampingkan adanya platform lain yang juga masih tetap eksis dan banyak penggunanya.

Dan dua platform tersebut adalah blogger dan wordpress. Keduanya memiliki keistimewaan tersendiri disamping ternyata juga memiliki kemiripan. Mari kita bahas seberapa besar perbedaan dan keistimewaan antara keduanya.

Blogger

Pertama kita awali dengan blogger. Blogger adalah platform blog yang merupakan produk google. Alamat websitenya adalah www.blogger.com. Apa saja keistimewaannya? Mari kita simak.

Gratis
Frase terbaik yang mampu menyedot peminat blogger. Tanpa ada biaya sepersen pun untuk membuat blog melalui platform ini.

Satu akun
Tidak memerlukan banyak akun untuk membuat banyak blog. Cukup satu saja, bisa untuk membuat maksimal 100 blog. Jumlah yang sudah lebih dari cukup banyak untuk dikelola.

Mudah
Tidak memerlukan keterampilan khusus untuk membuat blog. Cukup koneksi internet, baca sana-sini melalui google, lalu utak-atik sendiri, pasti blog akan jadi. Orang awam sekalipun akan merasa mudah untuk membuatnya.

Bandwith unlimited
Jika sebuah situs memerlukan hosting untuk memuat keseluruhan konten, maka tidak demikian halnya dengan blogger. Mau dikunjungi visitor dalam jumlah yang besar sekalipun, blogger masih aman. Alias tidak pernah down.

Tampilan mudah diatur
Desain tampilan blogger bisa diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Cara pengaturannya sangat mudah. Sebab semua fiturnya sudah disiapkan dengan lengkap.

Blogger dari google
Karena blogger adalah salah satu produk google, maka tidak bisa disangkal lagi akan kemudahannya dalam memasuki halaman terdepan search engine.

Merubah domain
Blogger menyediakan kemudahan dalam merubah subdomain blogspot.com menjadi hanya dot com. Fitur yang dikenal dengan nama costum domain.

Iklan mandiri dan adsense
Layout tampilan blog bisa digunakan untuk menempatkan iklan. Baik iklan sendiri, maupun kerjasama dengan program periklanan seperti google adsense dan lain-lain. Sehingga, peluang mendapatkan penghasilan melalui blog makin besar.

Wordpress

Jika melihat kelebihan platform blogger di atas, meski ada yang berbeda dengan wordpress, namun ada pula yang mirip. Selebihnya mari kita lanjutkan mengenai kelebihan platform wordpress.

Gratis
Seperti blogger, wordpress juga gratis digunakan. Tanpa memerlukan biayan sedikitpun untuk membuat blog dari wordpress ini.

Template menarik
Yang paling terkenal dari wordpress adalah ketersediaan template yang sangat banyak dan bervariasi. Modelnya pun menarik dan elegan. Meski ada yang berbayar, namun yang gratis sudah sangat menarik untuk dipakai.

Plugin SEO
Wordpress memiliki kelebihan tersendiri dalam mengoptimasi blog. Salah satunya adalah adanya fitur plugin yang bernama All in One SEO Pack.

Multi author
Dalam satu blog, bisa dikelola oleh bebeapa macam admin dan author. Meski platform lain juga memilikinya, namun tidak serumit wordpress.

Kostumisasi tampilan
Pengaturan tampilan blog wordpress sangat mudah dan user friendly. Terutama dalam membuat menu pada homepage yang tidak perlu mengatur melalu kode HTML yang tentunya tidak mudah untuk dilakukan oleh blogger pemula.

Wordpress Community
Dalam platform wordpress terdapat komunitas yang membahas seputar blog dari wordpress. Mereka terdiri dari para ahli blog di seluruh dunia. Sangat membantu untuk memperluas kehebatan wordpress sebagai platform blog.

That’s all.

Itulah beberapa hal terkait platform blog dari blogger maupun wordpress. Bagaimana menurut Anda? Menarik yang mana? Saya kira sulit untuk mengatakan salah satunya yang terbaik.

Kesimpulan
Pada intinya, kita sebagai blogger sangat berterima kasih kepada para developer yang telah sudi mengembangkan platform ini. Platform yang sangat bermanfaat sekali. Tidak pelru lagi membuat lubang atau celah kejelekannya. Tidak ada gunanya untuk membuat-buat keburukan di dalamnya. Hanya satu yang perlu kita haturkan, “Terima kasih.”

Karena dengan adanya platform gratis yang sangat baik ini, kita bisa mengaktualisasikan ide maupun gagasan dalam diri kita seluas mungkin. Tidak itu saja, penghasilan melaluinya juga tidak bisa dianggap enteng. Maka, pantaslah kita untuk berterima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Blogger vs Wordpress, Mana Platform Terbaik untuk Membuat Blog ?"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan relevan.