Teknik SEO Off Page Bagi Blogger Pemula

Sebuah blog membutuhkan senjata guna mendapatkan tempat yang terbaik di dalam search engine. Dan senjata yang paling populer adalah dengan mengoptimasinya melalui SEO. Dan SEO atau singkatan dari Search Engine Optimizations terbagi menjadi dua, yakni On Page dan Off Page.

SEO On Page teknik optimasi yang berkenaan dengan situs secara langsung. Misalnya konten, meta tags, keyword dan lain-lain. Sebaliknya, SEO Off page adalah upaya pengoptimalan situs secara tidak langsung namun memiliki dampak yang tidak kalah dengan SEO on Page.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya coba untuk mengemukakan teknik apa saja yang termasuk SEO Off Page itu. Silakan simak ulasannya berikut ini.

Teknik SEO Off Page Blog


#1. Sosial Media
Membuat profil dalam jejaring sosial yang populer seperti twitter, facebook, pinterest, sumbleupon, google plus dan lain-lain akan sangat memabantu menaikkan peringkat situs. Selain itu, kesempatan mendapatkan backlink dan visitor juga makin besar.

#2. Backlink
Backlink atau tautan balik juga merupakan senjata efektif menaikkan posisi sius dalam search engine. Apalagi backlink yang didapatkan adalah dari situs dofollow dan memiliki pagerank tinggi. Kekuatannya link yang dihadirkannya akan berdampak sangat besar. Meski sekarang banyak yang mempertanyakan pengaruhnya, namun pada kenyataannya, backlink tetap menjadi salah satu faktor kekuatan situs dalam search engine.

#3. Search engine submissions
Search engine yang ada dan populer di dunia paling tidak ada 3 macam, yakni Google, Bing dan Yahoo. Meski sebenarnya masih ada banyak search engine lainnya, seperti Yandex dan lain-lain. Akan tetapi tiga search engine itu terbukti telah mempermudah untuk menaikkan posisi situs.

#4. Direktory submissions
Web direktori juga menjadi sarana efektif mendapatkan backlink yang baik. Selain itu, kemungkinan besar akan bisa diakses oleh visitor, sebab biasanya web direktori memiliki banyak member. RIbuan web direactory bisa dicoba untuk menaikkan posisi situs dalam search engine.

#5. Guest blog
Jadilah blogging tamu untuk blogger yang lain. Artinya Anda bisa mengajukan diri untuk ikut mengisi konten blog yang dikelola oleh blogger lain. Hal ini akan menambah kepopuleran Anda sebagai blogger, juga akan mendapatkan backlink dari pemilik blog tersebut. Juga tentunya visitor darinya.

#6. Forum
Letakkan tanda tangan link situs Anda di dalam profil saat menjadi member. Lalu rajinlah untuk ikut membuat thread dan komentar. Dengan cara ini, blog Anda akan ikut populer dan mudah diakses oleh seluruh member forum. Dan tentunya mendapatkan backlink dari situs forum tersebut.

#7. Blogwalking
Rajinlah menyimak dan memberikan komentar pada postingan blog lain yang masih satu niche dengan blog Anda. Makin baik komentar yang Anda berikan, makin populer Anda sebagai blogger dan blog Anda juga berpeluang untuk mendapatkan kunjungan dari visitor pemilik blog yang dikomentari.

#8. Foto, Video dan Ebook
Gunakan media untuk menyisipkan informasi situs Anda dalam bentuk pemasaran foto, video maupun ebook yang dibagikan secara gratis. Calon visitor akan mudah menerima semua hal postif namun tanpa biaya, alias gratis. Meski sebenarnya di balik itu, kita menawarkan situs di dalam media yang dibagikan tersebut.

Teknik-teknik SEO Off Page di atas tidaklah cukup untuk membuat blog makin populer di mata search engine, kecuali adanya semangat untuk terus belajar dan belajar memahami serta aksi seputar SEO itu sendiri.

Sekarang giliran Anda untuk menambahkan bahasan teknik SEO Off Page yang masih kurang. Saya tunggu partisipasinya dalam komentar di bawah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teknik SEO Off Page Bagi Blogger Pemula"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan relevan.